remains an inspiration as the green fairy, inspired goodness in the world

Rabu, 08 Juni 2011

Suatu hari ada seorang pemuda yang mempunyai tubuh kekar,gagah, dan sangat kuat, ,dia sanggup mengangkat besi beratnya berkilo-kilo bahkan baginya besi puluhan kilo itu hanya seperti mengangkat kapas..

Dengan wajah murung ia mengunjungi seorang tua penjual dawet di seberang jalan tempat ia biasa berjalan, ,

Pemuda :"Selamat pagi pak tua, ,hari ini kau masih tersenyum apa kau ini tidak punya masalah hidup, tampaknya kau selalu bahagia?memang kau tidak bosan dengan hidupmu setiap malam kau buat bahan dawet dan paginya kau jual"...

Pak tua: :Kau ingin aku buatkan segelas dawet untukmu?"sepertinya kau sedang punya masalah..

Pemuda: "Iya pak, ,masalahku ini soal hidupku, ,aku bosan dan jenuh dengan hidupku.. aku lelah dengan semua tanggung jawab yang harus aku pikul, menghidupi ibu dan adik" q,memikirkan pujaan hatiku yang menuntut perhatianku berlebihan, ,bekerja dari pagi hingga petang, ,tak adakah yang mengerti aku?aku ingin seperti yang lain, ,seperti dirimu yang tak pernah punya beban hidup..

Pak tua : "Anak muda, ,aku ingin kau melakukan sesuatu untukku, , tolong angkatkan panci besi itu untukku?"

Pemuda: "Ada-ada saja kau ini, aku meminta kau memberi saran atas masalahku tapi kau menyuruhku mengangkat besi. Asal kau tau pak tua, ,besi itu sangat mudah ku angkat, ,ringan bagiku untuk menjinjingnya dengan satu tanganku" sombong sang pemuda

Pemuda itu kemudian mengangkat panci besi besar itu dengan satu tanganya, ,di angkatnya tinggi dan diletakkannya kembali...

Pak tua : "bagaimana ringan?asal kau tau hai pemuda aku tak sanggup memikulnya apa lagi harus mengangkatnya dengan satu tangan sepertimu..

Pemuda: hahahahahahahaah ya karena kau sudah tua, mudapun kau belum tentu kuat karena kau bukan aku..

Pak tua: "Nah.. sekarang tolong angkat gelas dawet yang kau pegang itu, , dan jangan diletakkan sebelum aku menyuruhmu untuk meletakkannya"

Diangkatlah gelas dawet yang dipegang oleh pemuda perkasa tadi dengan satu tangannya.... sudah 30 menit berlalu tapi pak tua belum meminta untuk meletakkan gelas itu, , sampai akhirnya pemuda itu mengangkat kedua tangannya untuk mengangkat gelas itu, , satu jam telah berlalu tapi pak tua belum juga memintanya untuk meletakkan gelas..

Pemuda: "Hai.. pak tua, ,sudah satu jam berlalu tapi kau belum memintaku untuk meletakkan gelas ini, ,tidak taukah kau bahwa tanganku pegal dan sakit mengangkat gelas ini, ,gelas ini berat sekali, aku tak kuat"

Pak tua: "Oh..ternyata kau merasa keberatan dengan gelas itu, ,ya sudah letakkan gelas itu..regangkan kedua tangamu, pijitlah dulu masing bahu dan pergelangan tanganmu, ,setelah tak terasa sakit, ,nyalakan dulu rokokmu dan nikmati rokokmu"

pemuda itupun meletakkan gelas itu perlahan-lahan..dan melakukan apa yang di katakan orang tua tadi, dia meregangkan tangannya, memijit bahu dan pergelangan tangannya, merokok sebentar dan ia menikmati saat istirahat itu.

Setelah pemuda itu terlihat sudah beristirahat, ,pak tua itu meminta pemuda untuk mengangkat gelas itu lagi, ,sang pemudapun mengiyakan dan mengangkat kembali gelas dawet tadi...

Pak tua: "Bagaimana gelas itu sekarang?masih berat?"

Pemuda: "tidak pak tua, ,gelas ini sangat ringan seperti awal tadi aku mengangkatnya, ,bahkan terasa jauh lebih ringan karena aku pernah mengangkatnya tadi"

Pak tua : "begitulah hidup anakku, ,semua orang punya masalah, , seperti halnya aku, ,aku juga tak luput dari masalah, , tetapi tergantung bagaimana kita menyikapiny"

Semua orang hidup itu tak pernah luput dari yang namanya masalah, ,akupun juga, ,tetapi berat ringannya masalah itu tergantung dari kita melihatnya dan sikap kita untuk mencari solusi, ,bukan dari sudut pandang orang lain..seperti cerita di atas, menurut pak tua panci besi itu berat, ,tapi bagi sang pemuda panci besi itu ringan, ,dan bagi kita gelas tadi sangat ringan tetapi setelah satu jam di angkat jadi sangat berat..

Masalah kecil dan sepele, ,juga ringan,, ,bahkan mungkin solusinya itu ada di depan kita, akan menjadi sangat berat kita rasakan, kita sangat jenuh dan penat memikirkan masalah itu karena hampir setiap hari ada saja masalah yang kita hadapi hampir sama pula, ,seakan-akan kita menanggung hidup yang sangat berat dan kita tidak seperti manusia lain, karena di sudut pandang kita yang sedang lelah memikirkan masalah,orang lain tak punya masalah dan tak menanggung beban hidup layaknya kita..ibarat gelas dawet di atas, ,sangat ringan tetapi jadi sangat berat karena diangkat berjam-jam.

Yupz..itu seperti masalah kita, ,dan notabene masalah itu muncul karena rutinitas kita yang tidak pernah berubah, ,setiap hari di kantor berhadapan dengan kertas" dan komputer, ,guru yang setiap hari anak didiknya bandel, ,petani yang mencangkul setiap hari tapi panennya selalu saja pas, ,anak sekolah yang setiap hari berangkat kesekolah dan mendapat tugas..pemimpin yang selalu mengurusi masalah" pengikutnya..masalah-masalah itu muncul saat ini menjalankan porsi kita dan peran kita hidup didunia, ,dan bahkan kita merasa masalah kita sendiri tidak selesai dan tidak dimengerti oleh orang lain karena kita sibuk menjalankan peran kita, ,actually hati kita juga berontak karena kita sibuk mengurusi orang lain.padahal..kalau kita berhenti menjalankan peran tersebut artinya kita berhenti hidup, mungkin bukan cuma kita tetapi ada beberapa orang disekitar kita yang terkena imbasnya...

Ibarat gelas tadi.. letakkan dulu, ,istirahatkan tangan kita, ,pijit-pijit dulu tangan kita, ,bersantai dulu setelah tangan dan tubuh kita cukup beristirahat angkat kembali gelas itu, ,dan gelas tadi kembali ringan, ,begitu juga masalah" kita . letakkan dulu, ,jangan kita pikirkan dulu, ,tutup dulu berkas" laporan, ,matikan dulu komputer kita, ,tinggalkan anak didik yang sedang ribut, ,pulang dulu dari sawah, , simpan tas sekolah di lemari, ,biarkan dulu pengikut-pengikut kita ribut sendiri-sendiri. Bersantailah, ,menontonlah kartun, ,travelling, belanja, maen facebook, sms'n, merokok,tidur seharian, berteriak-teriak atau lakukan apapun yang anda sukai tidak usah memikirkan apa kata orang, memikirkan penilaian orang, ,bagaimana tanggapan orang, ,keluhan orang lain, ,biarkan dulu itu semua, ,yang penting JUST DO IT!!!!!!!! lakukan hal yang membuat anda senang... and see.. WONDERFULL!!!rasakan ketika anda mengangkat masalah anda lagi, ,melakukan rutinitas anda kembali di hari berikutnya semuanya akan kembali terasa ringan seperti saat awal anda baru menjadi pegawai, ,baru jadi guru, ,baru mulai bertani, ,saat awal anda masuk sekolah, ,saat awal anda terpilih jadi pemimpin bahkan akan terasa jauh lebih ringan karena anda pernah melakukannya... dengan Catatan jangan sampai berlebihan saat kita mengistirahatkan diri kita, ,biarpun senang" tapi hal tersebut juga tidak memberikan efek negatif buat kita setelah istirahat example: kita jadi banyak hutang setelah kebanyakan belanja, ,kita lupa untuk pulang karena traveling ke luar kota, ,bisa" bukan jadi makin ringan malah jadi tambah pusing karena masalah baru justru muncul dalam hidup anda wkwkwkwkwkwwk

SETIAP ORANG PUNYA PERAN DAN PORSINYA MASING-MASING DI DUNIA INI, ,ITU ADALAH SALAH SATU HAKEKAT MANUSIA DICIPTAKAN SEBAGAI KHALIFAH, ,BUKAN HANYA UNTUK DIRINYA TETAPI JUGA UNTUK ORANG LAIN

Inspired by : Mutiara sebening kalbu Temanggung Facebook Community

0 Comments:

Post a Comment