remains an inspiration as the green fairy, inspired goodness in the world

Selasa, 14 Juni 2011

Setiap bunga mawar pasti berduri????


oleh Anna Soemarmo Sastroe Dimulyo pada 14 Juni 2011 jam 19:14

Kemaren malem.. ada seorang teman di FB yang update status "SEMUA BUNGA MAWAR PASTI BERDURI", ,pagi ini keinget kata-kata itu, ,dan bertanya-tanya kenapa mawar?ngungkapin cinta pake mawar, ucapin selamat pake mawar kenapa gag bunga yang lain? Buat lagu juga syairnya mawar, ,Di Indonesia kaya tipe-x dengan mawar hitam terus lagu-lagu jaman dulu banyak bangetz ,, sampai-sampai di luar negeri the Poison band asal amerika juga membuat lagu dengan judul “Every rose has is torn”(padahal gag tau itu..lagunya kaya apa? Dirilis tahun 1988 baru juga di lahirin hehehehehe ^_^).kenapa mawar jadi sesuatu yang spesial...akhirnya aku mulai bertanya...hohohoho (Padahal lagi rapat...pi malah utak atik) yang di utak atik ci smartest in the world capa lagi kalo bukan paman google,,mulai masukin kata kunci mulai dari sejarah bunga mawar....terus filosofi bunga mawar, ,legenda bunga mawar, ,esensi bunga mawar...muncul banyak banggetz tuch artikel-artikel, , sampai akhirnya baca-baca-baca nemu beberapa artikel yang menurut aku bagus, ,dan udah jadi bukti kalo mawar itu emang spesial dan patut buat jadi lambang banyak hal...Banyak kisah yang mengistimewakan bunga mawar antara lain…

>di cerita yunani yang menceritakan bahwa Eros (dewa Cinta) menyogok Harpocrates (Dewa Kesunyian) dengan bunga mawar agar gosip mengenai ibunya (Aphrodite) tidak berkembang dan menjadi skandal.(tapi..sayangnya gag ada infotaiment yang mengungkit masalah Aphrodite apa?jadi aku gag tau kenapa sampai eros harus menyogok Harpocrates heheheheh…)

>di Romawi mawar jadi lambang mistis,,karena di tanam di kuburan katanya ci biar arwah-arwah gag mengganggu kita..(Hihihihi arwah juga suka bunga mawar…)

>terus cerita Napoleon yang rela maengumpulkan berbagai jenis mawar dari seluruh dunia demi istrinya Josephin

>Kisah tragis Cleopatra dan Mark Anthony juga di warnai dengan bunga mawar, ,bunga mawar jadi symbol kesetiaan Cleopatra pada Mark

> dari cina ada kisah Chui Yin dan Liu Lang ,, Chui Yin rela berkorban menyirami bunga mawar yang tak pernah mekar demi kembalinya Liu Lang. Jaman dulu kala juga hanya Raja-raja saja yang boleh memelihara mawar.

Dan banyak kisah lagi yang cukup di jadikan alas an kalau mawar itu emang special…so…ngopy paste dari tulisan Shakespeare di “Romeo and Juliet “ ada kata-kata “What is in a name…? A rose by any other name would smell as sweet…”

(Apa arti sebuah nama…? Mawar dengan nama apapun – akan sama mewanginya..) uuuuuuhhhh…romantis banggetzz.. Hokz..@_@

Heheheh…lalu sekarang apa refleksi dari mawar? Googling lagi…. Makna bunga mawar, ,dibalik bunga mawar …ketemu juga (Paman Google I luph yu pull…) ada beberapa yang bisa kita ambil :

  • Mawar itu indah, ,tapi ia berduri..sebenarnya hampir sama dengan hati kita, ,hati kita gumpalan darah yang merah seperti mawar, ,bersih, ,indah, ,baik, ,dan di ciptakan untuk tunduk pada Alloh,,tetapi ada duri di dalamnya yang bisa membuatnya jadi hitam, ,kotor,,dan mengingkari Nikmat, Rahmat,,dari sang Kuasa, ,duri itu adalah Syirik,,Iri, ,dan dengki, ,karena ketiga duri itu manusia lupa bersyukur, ,manusia lupa akan nikmat Alloh, hanya bisa mengeluh dan berkata dalam hati ?kenapa aku gag seperti dia, kenapa aku gag kaya?kenapa aku gag pinter?kenapa aku gag ini gag itu de.el.el(termasuk aku…juga kadang gitu..T_T) duri mawar tidak melukai mawar, ,tetapi membuat orang enggan mendekat sangat hati-hati untuk memetik,,jadi mawar layu tanpa di petik,dia hanya indah sementara, ,hati kita juga tidak tertusuk duri itu, ,tapi merubahnya jadi hitam, ,perangai jadi jahat, sikap jadi buruk, gag mendengar nasihat orang lain, jadi keras kepala,gag pernah bersyukur, hidup gag tenang ,gag deket sama yang kuasa…


  • Mawar mengajari kita untuk berpikir positif, ,menilai sesuatu atau melihat sesuatu dari segi positif bukan hanya melihat dari negatif atau biasanya melihatnya dari segi kita sendiri (merasa kita yang jadi korban…merasa kita yang disalahin..merasa kita yang teraniaya..)tapi tidak melihat sisi lain.Padahal kalau kita mau berpikir positif dengan melihat kelain sisi, banyak hal yang bias kita peroleh….Seperti kata- kata “You can complain because roses have thorns, or you can rejoice because thorns have roses” ~Zig Ziglar “Anda bisa mengeluh karena bunga mawar berduri, atau anda bisa bergirang karena duri memiliki bunga mawar.” Zig Ziglar dengan slogan di atas mencoba menekankan konsep pemikiran secara positif (positive thinking). Dua orang dapat berpendapat yang jauh berbeda tentang suatu benda atau suatu kejadian yang sama. Yang satu bisa memusatkan perhatiannya ke hal-hal yang negatif yakni mengeluh tentang mawar yang berduri. Di sini yang menjadi pusat pemikiran justru durinya. Yang lain bisa memusatkan perhatiannya ke hal-hal yang justru positif yakni bergirang karena duri memiliki bunga mawar. Kali ini, yang menjadi pusat pemikiran adalah bunga mawarnya. Kedua-duanya membicarakan sebuah objek yang sama, tetapi memiliki sudut pandang yang jauh berbeda.

Dalam hidup, kemampuan untuk melihat segala sesuatu dari kaca mata yang positif adalah sangat penting untuk dimiliki dan terus dikembangkan oleh setiap orang yang ingin bertumbuh dalam hidupnya.

Kita dapat membayangkan apa saja yang mungkin didapat jika kita memusatkan perhatian anda pada hal-hal berikut ini:

1. Kesempatan daripada masalah.

2. Kekuatan/ kelebihan daripada kelemahan diri kita

3. Apa yang dapat kita lakukan daripada apa yang tidak dapat kita lakukan.

Tentunya kita akan menemukan lebih banyak lagi hal-hal yang mungkin kita dapat dengan memilih untuk berpikir secara positif. Kata kunci di sini adalah “memilih“, karena kemampuan untuk melihat duri yang memiliki mawar bukan sesuatu talenta, melainkan sesuatu skil yang dapat dikembangkan, tidak masalah siapa kita atau apa yang kita kerjakan sekarang.

  • kemudian mawar juga identik dengan Wanita ya kan? Ada banyak artikel muslimah yang mengatakan bahwa wanita itu harus seperti bunga mawar , ,maksudnya? Wanita itu cantik seperti mawar,,Kelopak mawar jauh lebih kuat di banding bunga yang lain,, Wanita juga harus kuat,, Bau mawar harum mengundang banyak orang untuk memetiknya, , Wanita juga gitu…mengundang banyak Pria..(heheheheheh…)tetapi mawar berduri,sehingga orang akan hati –hati ketika memetiknya ,wanita juga harus berduri (bukan berarti berduri terus.. kita tumbuh durinya yach….^_^) tetapi duri disini maksudnya adalah Iman, Ahklak mulia, menjaga tingkah laku kita, Sehingga para pria segan untuk asal-asalaan metik, ,memperlakukan wanita dengan sopan, ,baik, ,meminta dengan baik yang baik-baik dech pokoknya….

Jadi..banyak yang kita bisa pelajari dari mawar, ,banyak yang bisa kita renungkan…( Semoga aku juga bisa banyak belajar-belajar dan belajar).Pantas yach mawar special banyak yang memujinya lewat bait dan puisi, banyak ngejadiin mawar lambang…. (Paling engga buat aku hari ini….udah dapet satu inspirasi lagi…. Terusssss juga dapet bahan buat belajar nulis hohohoho>.<) semoga buat kalian lebih banyak lagi manfaatnya…

Satu lagi… ternyata Mawar juga di sebutkan dalam Alquran Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. (QS Ar Rahmaan : 37 )”.. Makin special azach…!!!!!!

0 Comments:

Post a Comment